Profil

PT. BANGUN PERUMAHAN NASIONAL (BAPERNAS)

BAPERNAS Group adalah perusahaan pengembang perumahan yang secara yuridis berdiri tahun 2016, namun dengan dukungan para pendiri yang menggeluti bidang pengembangan dan pembanguna lebih dari 12 tahun serta dukungan SDM yang profesional dan berpengalaman.

BAPERNAS senantiasa menguatkan citra brand melalui peningkatan kualitas dan manajemen franchse, dengan jargon "Hunian Sederhana Nyaman dan Berkualitas", komitmen perusahaan yang tinggi dalam penerapan strategi maupun sistemnya, maka langkah dan kiprahnya didalam khasanah pengembangan dan pembangunan sangatlah menakjubkan.

BAPERNAS dalam 5 tahun kedepan (tahun 2019 s/d tahun 2024) akan menargetkan pembukaan cabang dengan total produksi menjadi 100.000 unit rumah. Jika target terpenuhi maka BAPERNAS akan mampu memproduksi rumah sebanyak 20.000 unit rumah pertahunnya. Angka ini hanya setara dengan 2% dari permintaan rumah nasional yaitu 1.000.000 (1 Juta) unit rumah pertahun, belum dengan akumulasinya. Ini artinya potensi untuk membuka cabang diseluruh Indonesia terbuka lebar, lebih dari 50 cabang sangat memungkinkan, untuk itu BAPERNAS membuka kesempatan bagi para pemilik tanah dan investor untuk berinvestasi pada sektor industri perumahan ini dengan potensi mendatangkan keuntungan yang sangat besar melalui sistem kerjasama franchise.

BAPERNAS dengan sistem bisnis yang sudah teruji dan satu-satunya pengembang perumahan sederhana (subsidi) di Indonesia yang telah berhasil memfranchisekan sistem distribusinya. Keunikan dan keunggulan produk BAPERNAS adalah produk bangunan rumah dan lingkungan dengan design up to date, ramah lingkungan, berbasis layanan dan produknya dapat menjangkau seluruh Indonesia. Untuk selanjutnya diharapkan brand BAPERNAS selalu melekat di hati pelanggan dan end-user rumah yaitu MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) sehingga investor/franhisee dapat tersenyum lebar.

Saat ini Perusahaan fokus pada bidang Pengembangan Perumahan dengan brand BAPERNAS sistem sebagai berikut :

  1. Cabang Milik Sendiri
  2. Cabang Franchise

Sampai saat ini perusahaan telah mengembangkan  lebih dari 10 proyek perumahan yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Kalimantan selanjutnya ditargetkan ke wilayah - wilayah seluruh Indonesia.

DATA PERUSAHAAN

a.   Nama Merek Perusahaan

      BAPERNAS  
b.   Nama Perusahaan       PT BANGUN PERUMAHAN NASIONAL
c.   Alamat Admin Office   

   Taman Royal-1, Ruko New Fortune

   Jl.Comunnity Raya No.3 Kel. Tanah Tinggi

   Kec. Tangerang Kota TANGERANG

d.   Bidang Usaha  

   Pengembang Perumahan & Real Estate

e.   Badan Hukum       Perseroan Terbatas (PT)
f.   Akte Pendirian   

   No. 43 Notaris Purwanto, SH, M.Kn

   Tanggal 23 Agustus 2016

g.   Pengesahan Pendirian  

   KEMENKUM HAM

   No. AHU-0038286.AH.01.01. Tahun 2016

   Tanggal 29 Agustus 2016

h.   NPWP      76.910.826.7-416.000
i.    SIUP      0687/PM/IX/BPMPTSP/2016
j.    TDP      30.06.1.68.12681
k.   SKDU/SITU      503/1542-KPU/VIII/2016
l.    Anggota APERNAS      NAA : 0758 dan NAA : 2020
     
     
     

 

STRATEGI USAHA

LIMA LANGKAH STRATEGY PERUSAHAAN (KOEPEGO) :

KEMITRAAN :

Salah satu strategi usaha yang dijalankan Perusahaan adalah Kemitraan diantaranya : Business Opportunity, Franchise,  License dan Kerjasama (Kemitraan). Hal ini tergantung kondisi property yang diusahakan.

OUTSOURCING :

Agar maksud dan tujuan perusahaan bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan, tepat guna, efisien dan efektif maka langkah strategi telah dijalankan adalah Outsourcing. Kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh pihak luar diantaranya Pengadaan Tanah, Perencanaan, Feasibility Study, Tax Planning, Pendanaan, Pembangunan, Pemasaran, Pembiayaan untuk Konsumen, Perekrutan dan Pelatihan Karyawan.

EFISIENSI & EFEKTIFITAS :

Kondisi ekonomi makro sangat mempengaruhi bisnis bidang property hal ini menghendaki perusahaan akan bersikap kalkulatif untuk itu perusahaan dalam hal menentukan Business Plan telah membuat langkah perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek yang akan disesuaikan dengan siklus ekonomi makro maupun peluang yang ada dan bisa dimanfaatkan.

PENGENDALIAN MUTU & BRAND IMAGE :

Perusahaan selalu komitmen dengan kualitas dari hasil akhir suatu produksi, untuk itu dalam langkah-langkah proses produksi akan selalu dikendalikan melalui strategy & system management yang sudah ditentukan dan distandarisasi oleh perusahaan. Setiap saat standarisasi tersebut bisa di update agar bisa memperoleh hasil yang sempurna, apabila produk yang berkualitas sempurna bisa tercapai maka Brand Image akan tertanam dan tumbuh kuat di benak masyarakat.

GO NATIONAL & GO INTERNATIONAL :

Untuk kedepannya Perusahaan diharapkan bisa go national dan go international setelah melalui proses langkah strategy & system yang dijalankan dengan sempurna.

KEGIATAN USAHA

PROPERTY & REAL ESTATE

Kegiatan utama BAPERNAS sampai saat ini adalah bidang usaha property & real estate, berbagai kegiatan bidang property & real estate telah dijalankan antara lain :

  • Pembangunan Perumahan dan Pemukiman mulai dari kelas menengah ke bawah dan produk ini menjadi andalan perusahaan karena mempunyai ciri khas dan spesifik, disebut produk perumahan BAPERNAS dengan merek jasa Pengembangan & Pembangunan BAPERNAS.
  • Target kedepannya diharapkan adalah :
    1. Pembangunan perumahan kelas menengah ke atas.
    2. Pembangunan kawasan komersial antara lain Perkantoran, Pertokoan, Perhotelan, Pusat Perbelanjaan atau Perniagaan dan sejenisnya.
    3. Pembangunan Kawasan Industri dan Pergudangan.
    4. Pengelolaan Gedung dan Pengelolaan Kawasan.
    5. Pengembang lingkungan, Pariwisata dan Kehutanan.

KONTRUKSI :

Berbagai kegiatan konstruksi telah dijalankan sebagai penunjang bidang usaha property diantaranya:

  • Pekerjaan Pematangan tanah (Pengurugan tanah / cut & fill).
  • Pekerjaan konstruksi jalan, saluran, jembatan dan gorong-gorong.
  • Pekerjaan jaringan listrik, air dan telepon.
  • Pekerjaan konstruksi bangunan rumah dan bangunan penunjang lainnya.

BANK TANAH :

Dalam pengadaan tanah telah dijalankan beberapa langkah strategi diantaranya :

  • Untuk produk kawasan perumahan lokasi harus sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan oleh perusahaan dalam hal ini berkerjasama dengan Agent atau Broker Property.
  • Untuk produk kawasan Komersial, Industri dan pergudangan telah bekerjasama dengan PEMDA dalam hal penentuan lokasi, perijinan dan pelaksanaan pembebasan tanah dengan mengharap dari Potential Value tanah. Penentuan lokasi akan disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang dan Penataan Sistem Jaringan Jalan.